Blog ini menjelaskan tentang Ilmu Tajwid lengkap, mulai dari makhorijul huruf, hukum bacaan dan waqaf serta wasal

Minggu, 30 Oktober 2016

Lam Tarqiq dan Tafkhim Pada Lafadz Allah

Lam Tarqiq dan Tafkhim Pada Lafadz Allah - Pada artikel sebelumnya kita telah menjelaskan pembagian cara membaca huruf hijaiyah yaiut: ada yang di baca secara tafkim (tebal) dan ada juga dibaca secara tarqiq (tipis). Adapun pembagian huruf-huruf hijaiyah yang dibaca tafkim ataupun tarqiq sudah kita bahas di Hukum Bacaan Tafkim dan Tarqiq.

Ada dua huruf hijaiyah yang ternyata bisa dibaca secara tafkim (tebal) ataupun dibaca secara tarqiq (tipis), tergantung pada keadaannya. Adapun dua huruf tersebut adalah  ل  (Lam) dan ر (Ra'). Untuk Ra' tafkim dan tarqiq akan kita bahas di Hukum Bacaan Ra' Tafkim dan Ra' Tarqiq.

Lam Tarqiq dan Tafkhim Pada Lafadz Allah

Ada dua cara mengucapkan huruf  ل pada kata  الله(laam jalaalah) yaitu, secara tebal dan secara tipis.

1. Lam Tafkim
Huruf ل itu diucapkan secara tebal hanya pada lafadz Allah. Itupun jika didahului oleh bunyi vokal ’a’ (baris fathah َatau ’u’ (baris dhammah ُ). Contoh dalam surat Asy-Syuuraa’ ayat 24 di bawah (dalam kotak ).

2. Lam Tarqiq
Sebaliknya, huruf  ل pada lafadz Allah itu diucapkan secara tipis jika didahului oleh bunyi vokal ’i’ (baris kasrah ِ). Contoh dalam surat Asy-Syuuraa’ ayat 24 di bawah (dalam lingkaran).

Surat Asy-Syuuraa’ ayat 24
Surat Asy-Syuuraa’ ayat 24

Lam Tarqiq dan Tafkhim Pada Lafadz Allah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
Terima kasih sudah berkomentar